INFO CANDIREJO
  • 3 bulan yang lalu / Paket Wisata Desa Candirejo sudah buka kembali dengan penerapan protokol kesehatan.
Nama Dan Sejarah Terbentuknya Desa Wisata Candirejo

Nama Dan Sejarah Terbentuknya Desa Wisata Candirejo

Menurut tutur tinular (kata turun-temurun), nama Candirejo berasal dari kata Candighra. Seiring waktu berjalan, terjadi perubahan kata atau penyebutan, Candighra kemudian berubah menjadi Candirga dan selanjutnya berubah lagi menjadi Candirja, dan pada akhirya seperti nama desa tersebut saat ini, yaitu Candirejo. Bila diuraikan, kata Candi (bahasa Jawa) berarti batu dalam bahasa Indonesia, dan kenyataannya separuh dari luas wilayah desa Candirejo berupa daerah berbukit yang masuk dalam kawasan pegunungan Menoreh yang merupakan bekas gunung api.

Keberadaan batu itu juga tersimbolkan dalam beberapa nama tempat yang terkait dengan mitos setempat tentang bebatuan seperti Watu Kendhil, Watu Ambeng, Watu Dandang , Watu Klenthing yang terletak di dusun Butuh, Watu Tambak, Watu Tumpuk, Watu Asin, Watu Cekathak yang letaknya di dusun Sangen dan Kaliduren. Kata Rejo sendiri berarti subur dan ini merupakan perlambang kesuburan tanah dataran Candirejo, meskipun merupakan tanah lahan kering. Pada akhirnya Candirejo dapat diartikan sebagai wilayah yang banyak batu-batunya tetapi subur.

Desa Candirejo terletak 3 Km kearah tenggara dari pusat peradaban dunia Candi Borobudur yang dapat ditempuh dengan andong (Transportasi Lokal) sambil menikmati keindahan alam bukit menoreh dan sapaan dedaunan yang melukiskan kekentalan suasana khas pedesaan.

Desa Candirejo memiliki luas wilayah 366,25 Ha dengan jumlah KK 1416 & jumlah penduduknya 4321 jiwa yang secara administrative terbagi menjadi 15 dusun dan terbelah oleh dua sungai (Sungai Sileng / Progo) sehingga 8 dusun di lereng menoreh ,7 dusun merupakan dataran di bagian utara yang dilalui oleh sungai progo. Di Candirejo terdapat 6 Tk /Paud, 5 SD , 1 SLTP.

Desa Candirejo terletak pada ketinggian 100 hingga 850 dpl dengan konfigurasi umum lahanya berbukit dan dataran dengan curah hujan rata – rata 2468 mm, dan dalam siklus waktu tertentu terjadi kemarau panjang sehingga warga masarakat kesulitan air.

4 Penduduk Candirejo mempunyai sifat kondusif, dinamis dan aktif. Kondusif dalan arti warga masarakat selalu menjunjung kebersamaan, hidup rukun, gotong royong dengan sesama warga, dan mengedepankan musawarah mufakat dalam pengambilan keputusan. Dinamis dalam arti senantiasa melaksanakan dengan sebaik-baiknya setiap program pemerintah / Desa maupun dari Koperasi yang memberikan manfaat lebih kepada warga masarakat. Aktif dalam arti melaksanakan program yang telah menjadi kesepakatan bersama dan selalu inovatif & selalu pro aktif dalam menyikapinya.

Di mulai dari perencanaan yang di motori oleh Pemerintah Desa dengan membentuk Kelompok Kerja baik di Tingkat Desa maupun Tingkat Dusun guna mensosialisasikan kepada masyarakat konsep Desa Candirejo sebagai Desa Wisata di Tahun 1997. Selain untuk sosialisasi, Kelompok Kerja ini bertugas memetakan seluruh potensi yang dimiliki di tiap – tiap dusun di Desa Candirejo baik berupa Alam /landscape, Seni Budaya, Kerajinan, Kuliner.

Pemerintah Kabupaten Magelang memberi respon positif dengan menjadikan Desa Candirejo sebagai Pilot Project Desa Wisata di Kabupaten Magelang pada tanggal 31 Mei 1999 melalui SK Bupati Magelang No. 556 / 1258 / 19/ 1999 di tetapkan menjadi “Desa Binaan Wisata Tk.Kab Magelang”. Di tahun 1999 sampai dengan 2003, Pemerrintah Desa Candirejo yang di Bantu Kelompok – Kelompok Kerja baik yang tingakat desa maupun tingkat dusun lebih fokus dalam pembinaan dan penguatan pelaku – pelaku wisata. Mulai dari Kesenian Tradisional, Home Stay, Transportasi Lokal, Pemandu Lokal, Home Industri, Catering dll.

Dalam pembinaan dan penguatan kelompok tersebut mulai tahun 2001 – 2003 mendapat pendampingan dari ISI Yogyakarta, Yayasan Patra Pala dan JICA sebagai pendonor dana pembinaan penguatan pelaku wisata. Kemudian pada tanggal 19 April 2003, Desa Candirejo diresmikan menjadi Desa Wisata oleh Bapak I Gede Ardika selaku Menteri Pariwisata dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Balai Desa Candirejo

Di tahun yang sama, Koperasi Desa Wisata Candirejo dibentuk sebagai Badan Pengelola Pariwisata Desa Candirejo oleh Pemerintah Desa Candirejo bersama Tokoh Masyarakat yang tergabung dalam kelompok kerja. Keputusan tersebut diperkuat dengan Surat Keputusan Desa No.04/KEPDES/05/2003 yang menyebutkan “Pengelola desa wisata di Desa Candirejo berbentuk Koperasi Desa Wisata Candirejo”.

Koperasi Desa Wisata Candirejo ini lepas dari Struktur Pemerintahan Desa Candirejo, Namun bertanggung jawab memberikan laporan Rencana Anggaran Pendapatan Belanja dan Sisa Hasil Usaha, Baik tiap bulan, triwulan dan tahunan

Kontak

WA / Telp

Tatak    081328808520
Ersyid   085799886714
Rifa       082121291941
Office   0293789675

Email

candirejo.eco_tourism@yahoo.com
reservation@candirejo.com

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeCheck Our FeedVisit Us On Instagram

ALAMAT

Jl. Raya Candirejo, Sangen, Candirejo, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553

Map Lokasi

WHATSAPP